Pt charoen pokphand indonesia
Pt Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) didirikan di Indonesia dengan nama PT Charoen Pokphand Indonesia Animal Feedmill Co. Limited, berdasarkan akta pendirian yang dimuat dalam Akta No. 6 tanggal 7 Januari 1972, yang dibuat dihadapan Drs. Gde Ngurah Rai, SH, Notaris di Jakarta, sebagaimana telah diubah dengan Akta No. 5 tanggal 7 Mei 1973 yang dibuat dihadapan Notaris yang sama. Akta pendirian tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. YA-5/197/21 tanggal 8 Juni 1973 dan telah didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di bawah No. 2289 tanggal 26 Juni 1973, serta telah diumumkan dalam Berita Negara No. 65 tanggal 14 Agustus 1973, Tambahan No. 573.

Jenis perusahaan manufacture dibidang pakan ternak

Berdasarkan Anggaran Dasar terakhir, kegiatan usaha Perseroan adalah:
  1. Kegiatan usaha utama adalah:
    • industri makanan ternak, pembibitan dan budidaya ayam ras serta pengolahannya, industri pengolahan makanan, pengawetan daging ayam dan sapi, termasuk unit-unit cold storage.
    • menjual makanan ternak, makanan, daging ayam dan sapi, bahan-bahan asal hewan di wilayah Republik Indonesia, maupun ke luar negeri dengan sejauh diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Kegiatan penunjang adalah:
    • mengimpor dan menjual bahan-bahan baku dan bahan-bahan farmasi.
    • memproduksi dan menjual karung atau kemasan plastik, peralatan industri dari plastik, alat-alat peternakan dan alat-alat rumah tangga dari plastik sesuai dengan perizinan yang dimiliki dan tidak bertentangan dengan peraturan di bidang penanaman modal.
    • melakukan perdagangan besar pada umumnya, termasuk ekspor impor, perdagangan interinsular atau antar pulau atau antar daerah.
    • melakukan kegiatan pengangkutan barang-barang pada umumnya, baik pengangkutan darat, perairan, laut dan udara.
    • menjalankan usaha pergudangan dan pusat distribusi.

Visi:
Menyediakan pangan bagi dunia yang berkembang.

Misi:
Memproduksi dan menjual pakan, anak ayam usia sehari dan makanan olahan yang memiliki kualitas tinggi dan berinovasi.

KANTOR PUSAT DAN FASILITAS PRODUKSI
Kantor Pusat:

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk
Jl. Ancol VIII/1, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara,
DKI Jakarta, Indonesia.
Telepon+62-21-6919999
Faksimili+62-21-6907324
Alamat emailinvestor.relations@cp.co.id

Pabrik Pakan Ternak:
  1. Jl. Serang km 30, Desa Cangkudu, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Banten.
  2. Jl. Surabaya-Mojokerto km 26, Desa Keboharan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
  3. Jl. Surabaya-Mojokerto km 19, Desa Bringinbendo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
  4. Kawasan Industri Medan, Jalan Pulau Sumbawa No. 5, km 105, KIM II, Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
  5. Jl. Semarang-Demak km 8, Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Semarang dan Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.
  6. Jl. Kima 17 Kavling DD-11, Desa Bira, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan.
  7. Jl. Ir. Sutami km 15, Desa Rejomulyo, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Lampung.
  8. Jl. Cirebon-Tegal km 11, Desa Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

DAY OLD CHICKS
Produk Perseroan yang memberikan kontribusi terbesar kedua kepada penjualan adalah Day Old Chicks (“DOC”) atau anak ayam usia sehari komersial. DOC Perseroan diproduksi oleh beberapa fasilitas pembibitan milik anak perusahaan Perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia. Fasilitas pembibitan tersebut terletak di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Papua.

Perusahaan menyediakan beberapa tipe DOC yang terdiri dari

Broiler DOC
Broiler DOC adalah Anak ayam berumur satu hari yg dijual kepada peternak untuk dibiakan menjadi ayam potong. Broiler dikembang biakan selama 30 – 45 hari sebelum dipanen pada berat rata-rata 1.39 – 2.45 kg atau setara dengan berat bersih 1.11 – 1.96 kg daging ayam.

Petelur DOC
Petelur DOC adalah anak ayam berumur satu hari yang dijual kepada peternak untuk dibiakan ayam petelur. Ayam Petelur mulai memproduksi telur pada umur 18 minggu sampai umur 80 minggu. Secara rata-rata ayam petelur memproduksi 1 telur setiap 24 – 28 jam pada masa bertelur.

DOC Lainnya
Selain DOC tersebut diatas, Perusahaan juga menawarkan DOC untuk menjadi Induk Ayam dan juga Pejantan.


MAKANAN OLAHAN
Produk Perseroan yang memberikan kontribusi terbesar ketiga kepada penjualan adalah makanan olahan. Produk makanan olahan Perseroan diproduksi oleh beberapa fasilitas pengolahan daging ayam milik Perseroan yang terletak di Cikande (Banten), Salatiga (Jawa Tengah), Medan (Sumatera Utara), Sidoarjo (Jawa Timur) dan Mojokerto (Jawa Timur).

Perseroan menjual makanan olahan tersebut dengan menggunakan 4 (empat) merek yaitu Golden Fiesta, Fiesta, Champ dan Okey

Keterangan lebih lanjut mengenai produk makanan olahan Perseroan dapat dilihat di www.cpfood.co.id.


Project 2

Nama perusahaan yang yang saya jalankan adalah Pt Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) didirikan di Indonesia dengan nama PT Charoen Pokphand Indonesia Animal Feedmill Co. Limited, 

Jenis perusahaan manufacture dibidang pakan ternak dan makanan olahan ayam

Perusahaan ini masuk dalam kategori besar karena tidak hanya di Indonesia tapi juga ada di nega asia lainnya seperti pabriknya yang ada di 15 negara, yaitu Thailand, China, Indonesia, Vietnam, Turki, India, Taiwan, Malaysia, Bangladesh, Myanmar, Kamboja, Rusia, Laos, Filipina, dan Pakistan. 




Foto: Michael Agustinus-detikFinance




Charoen merambah mulai dari hulu hingga hilir, dari produksi pakan ternak, bibit ayam, peternakan ayam broiler, ayam potong, ayam olahan, hingga minimarket. 


Di bisnis pakan ternak (feedmill), Charoen Pokphand menduduki posisi nomor satu di dunia, mengalahkan perusahaan-perusahaan ternama lainnya seperti Cargill dari Amerika Serikat (AS), BRF dari Brasil, ForFarmers NV dari Belanda, Purina Animal Nutrition dari China, dan JA Zen-Noh dari Jepang.

oleh dibilang pabrik pakan ini sangat padat modal dan teknologi, jumlah pekerjanya hanya 60 orang. Hampir semua proses sudah terkomputerisasi. Proses produksi berjalan terus selama 24 jam, para pekerja bergantian masuk dalam 3 shift. 




Pabrik Charoen Pokphand



Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) didirikan 07 Januari 1972 dalam rangka Penanaman Modal Asing (“PMA”) dan beroperasi secara komersial mulai tahun 1972. Kantor pusat CPIN terletak di Jl. Ancol VIII No. 1, Jakarta dengan kantor cabang di Sidoarjo, Medan, Tangerang, Balaraja, Serang, Lampung, Denpasar, Surabaya, Semarang, Makasar, Salahtiga dan Cirebon.

PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (”Perseroan”) didirikan di Indonesia dengan nama PT Charoen Pokphand Indonesia Animal Feedmill Co. Limited, berdasarkan akta pendirian yang dimuat dalam Akta No. 6 tanggal 7 Januari 1972, yang dibuat dihadapan Drs. Gde Ngurah Rai, SH, Notaris di Jakarta, sebagaimana telah diubah dengan Akta No. 5 tanggal 7 Mei 1973 yang dibuat dihadapan Notaris yang sama. Akta pendirian tersebut telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan Surat Keputusan No. YA-5/197/21 tanggal 8 Juni 1973 dan telah didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di bawah No. 2289 tanggal 26 Juni 1973, serta telah diumumkan dalam Berita Negara No. 65 tanggal 14 Agustus 1973, Tambahan No. 573.

 visi dan misi perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk 


Visi:
Menyediakan pangan bagi dunia yang berkembang.

Misi:
Memproduksi dan menjual pakan, anak ayam usia sehari dan makanan olahan yang
 memiliki kualitas tinggi dan berinovasi.


Perseroan memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang tanpa memperhatikan gender, suku, agama, ras dalam program rekrutmen karyawan. Pertimbangan didasarkan murni pada kemampuan dan profesionalitas dari calon karyawan.

Di setiap fasilitas produksi, Perseroan telah menentukan standar prosedur operasional yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan. Selain itu, Perseroan juga memasang rambu-rambu untuk mengingatkan karyawan agar selalu mematuhi aturan yang ada, sehingga tingkat kecelakaan kerja yang dialami sangat minimal. Perseroan juga memberikan tunjangan kesehatan berdasarkan level dengan mendaftarkan seluruh karyawan pada asuransi kesehatan dan/ atau BPJS Ketenagakerjaan.

Perseroan melakukan pelatihan dan pengembangan yang berkesinambungan setiap tahun untuk meningkatkan kinerja para karyawan, seperti pelatihan manajerial dan pelatihan teknis baik di dalam kantor maupun di luar kantor. Hal ini dimaksudkan agar para karyawan dapat secara konsisten memberikan kontribusi yang optimal kepada Perseroan terutama dari segi kualitas.

Perseroan memiliki modul keluh kesah sebagai sarana karyawan untuk melakukan pengaduan masalah ketenagakerjaan. Karyawan dapat menyampaikan pengaduan kepada pihak-pihak tertentu untuk dapat diselesaikan dalam jangka waktu 5 hari atau jangka waktu lain yang disepakati. Pihak-pihak tertentu tersebut memiliki urutan yaitu atasan langsung, atasan dari atasan langsung, Departemen Personalia setempat dan terakhir adalah Kepala Divisi. Apabila aduan tersebut masih belum terselesaikan, Perseroan akan menempuh mekanisme yang diatur dalam perundang-undangan ketenagakerjaan.




















tanggung jawab divisi pembelian yaitu 

ada dasarnya peran fungsi pembelian adalah untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan pada waktu, harga dan kualitas yang tepat. Assauri (1998:162) menjabarkan tanggung jawab bagian pembelian sebagai berikut:
1. Bertanggung jawab atas pelaksanaan pembelian bahan-bahan agar rencana operasi dapat dipenuhi dan pembelian bahan-bahan tersebut pada tingkat harga dimana perusahaan akan mampu bersaing dalam memasarkan produknya.
2. Bertanggung jawab atas usaha-usaha untuk dapat mengikuti perkembangan bahan-bahan baru yang dapat meguntungkan dalam proses produksi, perkembangan dalam desain, harga dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi produk perusahaan, harga serta desainnya.
3. Bertanggung jawab untuk menurunkan investasi atau meningkatkan perputaran bahan, yaitu dengan penentuan skedul arus bahan ke dalam pabrik dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi.
4. Bertanggung jawab atas kegiatan penelitian dengan menyelidiki data-data dan perkembangan pasar, perbedaaan sumber-sumber penawaran (supply) dan memeriksa pabrik suplier untuk mengetahui kapasitas dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan.
5. Bertanggung jawab atas pemeliharaan bahan-bahan yang dibeli setelah diterima dan bertanggung jawab atas pengawasan persediaan.

tanggung jawab departemen produksi
Kepala Bagian produksi memiliki tugas yang sangat berat  untuk memeriksa semua produk yang dihasilkan.  Tugas dan tanggung jawabnya:
a. Mengatur waktu pekerjaan agar sesuai dengan waktu pengiriman.
b. Mengatur posisi pengawas kualitas di masing-masing titik pekerjaan.
c. Memberikan harga produksi untuk kepentingan marketing dalam membuat harga jual.

tugas dan tanggung jawab departemen sdm

1 Mengkoordinasikan perumusan perencanaan dan pemberdayaan pegawai (man power planning), sesuai kebutuhan Perusahaan. 
2 Mengkoordinasikan perumusan sistem pengadaan, penempatan dan pengembangan pegawai. 
3 Mengkoordinasikan perumusan sistem dan kebijakan imbal jasa pegawai dengan mempertimbangkan "internal / external equity". 
4 Bersama Manajemen merumuskan pola pengembangan organisasi Perusahaan. 
5 Menyelenggarakan Sistem Informasi SDM dalam suatu data base Kepegawaian. 
6 Mengkoordinasikan perumusan Kebijakan perencanaan, pengorganisasian dan administrasi program Pendidikan dan Latihan (Diklat)

tugas dan tanggung jawab departemen keuangan

agian Keuangan memiliki kewenangan sekaligus kewajiban mengatur dana perusahaan agar secara efektif digunakan untuk memaksimalkan keuntungan usaha sekaligus menjaga penggunaan dana tersebut secara efisien. Bagian Keuangan harus memastikan setiap pengeluaran sejalan dengan budget yang telah ditetapkan manajemen perusahaan. Disinilah bagian Keuangan dituntut melakukan kontrol terhadap pengajuan pengeluaran kas, biaya keuangan (cost of money), dan kontrak-kontrak eksternal yang ditandatangani oleh setiap bagian perusahaan.

Bagian Keuangan adalah pihak yang bertanggungjawab menentukan di mana perusahaan menyimpan cash nya, menempatkan investasi, atau mencari pinjaman. Bagian Keuangan harus menyeleksi bank mana yang dapat memberi pinjaman dana dengan bunga rendah dan sebaliknya bank mana yang dapat memberi bunga tinggi untuk menyimpan dana perusahaan. 

Bagian Keuangan cenderung memproduksi laporan untuk dipergunakan pihak internal perusahaan saja.


Jenjang karir yang terbuka


Terdapat peluang jenjang karir yang baik untuk dikejar para pegawai. Ditambah dengan lingkungan kerja yang nyaman membuat pegawai tambah bersemangat dalam bekerja.



project 3 cerita sukses

Bisnis Charoen Pokphand, dari Pakan Ternak Hingga Minimarket

Charoen Pokphand, raksasa industri peternakan dari Thailand, punya mata rantai bisnis yang panjang dari hulu hingga hilir. 

Mulai dari produksi pakan ternak (feedmill), pembibitan (breeder farm), pengembangbiakan ayam, peternakan ayam (broiler farm), industri pengolahan (processing plant), bahkan hingga minimarket. 

Minimarket milik Charoen Pokphand bernama CP Fresh Mart. Produk-produk yang dijual di minimarket ini banyak di antaranya adalah produk Charoen Pokphand sendiri, misalnya telur ayam, nugget, ayam potong.

Barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti beras, air mineral, minuman ringan, makanan ringan juga tersedia. Bukan produksi Charoen sendiri, tapi diberi merek CP. Sekarang CP Fresh Mart sudah tersebar di Thailand.

Di bisnis pakan ternak (feedmill), Charoen Phokpand menduduki posisi nomor satu di dunia, mengalahkan perusahaan-perusahaan ternama lainnya seperti Cargill dari Amerika Serikat (AS), BRF dari Brasil, ForFarmers NV dari Belanda, Purina Animal Nutrition dari China, dan JA Zen-Noh dari Jepang.

Prinsip prinsip
.1. Jadikan kawan sebagai aset berharga.

Di dalam bisnis kita di tuntut untuk selalu menjaga hubungan dengan mitra bisnis. Karena tidak ada bisnis yang tidak berhubungan dengan orang lain. Letakkan nilai persahabatan dalam berbisnis, maka kita akan dapat menghargai komitmen dan kerjasama dengan siapapun.

2. Kepercayaan adalah modal awal dalam melakukan suatu bisnis.

Di dalam usaha modal dapat dibagi menjadi dua yaitu, modal tangible dan modal intangible. Modal tangible bersifat nyata sedangkan modal intangible bersifat tidak nyata. Uang, Mesin Pabrik, gedung adalah contoh modal tangible. Modal intangible jauh lebih penting dibandingkan dengan modal tangible. Seperti kepercayaan, butuh waktu yang lama untuk membangun suatu kepercayaan. Maka dari itu kita hendaknya selalu membins kepercayaan baik dengan siapapun.

3. Menjual harga lebih tinggi dari pembelian dan bukan harga tertinggi.

Prinsip dari suatu bisnis adalah memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya kepada orang lain tanpa mengabaikan kelayakan usaha yang Anda jalankan. Nilai kebahagian yang kita dapatkan bukan hanya sekadar membeli dengan harga yang rendah dan menjual dengan harga yang tertinggi melainkan nilai manfaat yang diberikan untuk orang lain.

4. Mendengarkan kata hati.

Segala keputusan yang kita ambil hendaknya berdasarkan ketajaman hati yang kita miliki dan bukan merupakan ego atau hawa nafsu semata.

5. Bekerja dengan hati.

Mereka yang bekerja dengan hati akan bersifat baik dengan siapapun. Dan ini merupakan langkah awal dalam menjalin hubungan baik dengan klien.

6. Kekayaan bukan materi semata.

cerita manis dan pahit

perkembangan bisnis ritel di dalam negeri, seperti 7-eleven alias sevel. ,terkait persoalan yang dihadapi oleh sevel
isnis sevel diketahui tengah menurun. Dalam dua tahun terakhir menderita kerugian yang cukup besar sampai berujung pada akuisisi oleh PT Charoen Pokphand Restu Indonesia (CPRI) dari PT Modern Internasional Tbk, 

Akuisi tersebut  menunjukkan potensi ritel di dalam negeri sangat besar. Meskipun ada beberapa langkah bisnis yang perlu dievaluasi agar tidak turun.
Sekarang sevel dibeli pula oleh konglomerat. Bisnis ritel modern kita adalah salah satu perkembangan yang paling cepat di dunia

Besarnya potensi merupakan dampak dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa. Apalagi kelas menengah penduduk Indonesia terus tumbuh. 
Intinya adalah ini semua adalah kombinasinya, kita ingin transformasi struktural berjalan dengan kualitas terbaik

Pesan untuk para pengusaha baru
Tolok ukurnya tidak harus langsung besar, cukup produk wirausaha yang baru, beda, dan diikuti oleh banyak orang

yang menjadi target usaha 

Setelah sempat tertunda cukup lama ekspor olah ayam ke berbagai negara akibat penyakit flu burung, kini emiten produsen pakan ternak dan olahan ayam PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) memulai kembali ekspor bisnisnya untuk yang perdana ke Papua Nugini.

Direktur Utama PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, T Hadi Gunawan mengatakan, eksporperdana ke Papua Nugini merupakan langkah awal dalam membuka peluang besar dalam merambah ke pasar ekspor internasional.


https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 14 278 1642365 mantap-charoen-pokphand-ekspor-perdana-ayam-olahan-ke-papua-nugini-9Y8xp2zgLS.jpg

PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) adalah perusahaan berbasis agribisnis di Indonesia. Perusahaan juga memproduksi kantong plastik anyaman dan peralatan peternakan. CPIN terbagi menjadi beberapa unit, seperti pakan ternak, pengembangbiakan ternak, pengolahan ternak, dan unit kantong plastik. CPIN didirikan di Indonesia dibawah nama PT. Charoen Pokphand Indonesia Animal Feedmill Co.
untuk melihat secara terperinci bisa dilihat dilink berikut ini:
www.sahamok.com/laporan-keuangan/laporan-keuangan-charoen-pokphand-indonesia-tbk
https://cp.co.id/wp-content/uploads/2017/04/Annual-Report-CPIN-2016.pdf


Komentar